Wednesday, June 9, 2010

TRIK NGEBLOG DI WORDPRESS

Tips-Trik Ngeblog di WordPress.com tuk Pemula

Buat kita yang awam dan terkendala bahasa untuk “do-blog” dengan wordpress.com, sebaiknya kita berbagi agar pengetahuan se-titik yg kita tahu bisa bermanfaat buat rekan lain yg sedang “do-blog”.

Buat Anda yg pemula banget dan pingin punya blog sendiri, barusan (21 Oktober 2006 pukul 3:22 PM) ndapetin Tutorial Bikin Blog di WordPress.com diperuntukkan buat siapa saja yg baru kenal dengan wordpress.com. Siapa saja bisa download dari sumbernya langsung dengan klik di sini. Jika pada link tadi gagal mendownload/membukanya alternatifnya bisa mendownloadnya di sini.

Lebih lanjut dari tutorial tersebut, saya tambahkan catatan kecil yg saya buat sesuai dengan pengalaman.

  1. Postingan yang kelewat panjang sebaiknya di putus, tidak perlu ditampilkan semua. Caranya tempatkan kursor pada bagian kalimat yg ingin diputus lalu tekan Alt+T atawa klik tool bar Rich Text Editor dengan gambar kertas terpotong (kali yah) .

  2. Jika ingin mengganti kata-kata pemutus standar, pindah mode dari mode editor ke mode html trus cari tulisan (tanda lebih kecil, tanda seru, 2 garis datar, MORE, 2 garis datar, tanda lebih besar) lalu sisipkan kata-kata yg kita kehendaki, misalnya menjadi maka pada bagian pemutus nantinya akan muncul tulisan “…baca lebih lanjut”.

  3. Pakai shortcut key juga bisa, kalo pingin tahu pindahkan pointer mos di atas toolbar Rich Text Editor. Tapi bagi yg suka tulisan rata kiri-kanan (justify) pakai shortcut Alt+J karena ini tidak tersedia di toolbar secara langsung.

  4. Untuk memunculkan/menyembunyikan Advanced Toolbar pada Rich Text Editor (pemformatan, pewarnaan font, insert karakter khusus, undo-redo, dll) tekan Alt+V.

  5. Alt+E untuk switch antara mode editor dan mode html.
  6. Jika browser yg kita pakai adalah FIREFOx 2.0 biasanya semua fungsi ALT+… gak berfungsi, maka kombinasi aja dengan Shift menjadi Shift+Alt+…
  7. Shift+Enter untuk menyisipkan baris pemutus dalam paragraph.
  8. Tampilan blog sepenuhnya ditentukan oleh theme yg kita pilih. Dari Menu Presentation terdapat sub menu yg ada tergantung dari masing-masing theme yg tersedia. Theme-theme itu ada yg bisa di kostumasi dan ada yg tidak. Untuk review themes2 itu bisa dilihat di sini. Beberapa yg bisa seperti yg saya pakai ini, kita bisa mengganti image header (biasanya ukurannya 730 x 140 pixel) dengan buatan sendiri.

    Kemudian yg kedua adalah submenu Sidebar Widgets, disini kita bisa banyak melakukan kustomasi. Dengan drag and drop widgets bisa dipindahkan ke dalam sidebar kemudian menatanya sesuai kehendak kita.

    Selanjutnya tinggal mengkonfigurasinya dengan klik bagian kanan dari widgets, mengisikan hal2 yg diperlukan. Widgets setiap theme bisa berbeda-beda. Kita juga bisa mengkostumasi TEXT widgets sepenuhnya dengan kata2 atau tag html yg bisa diterima WP.com termasuk membuat link. Widgets yg tersedia maksimal 10 hanya tidak ditampakkan, kita bisa menambahkannya dengan mengisi list pada bagian bawah TEXT WIDGETS. Demikian juga untuk RSS Feed Widgets.

  9. Untuk upload file (misalnya: jpg, jpeg, png, gif, pdf, doc, ppt) masuk ke dashboad, atau bisa langsung klik new post. Lihat bagian bawah rich text editor ada tempat untuk upload file. Klik browse untuk mencari file yg akan di upload dari komputer kita. Isi judul/title dari file yg akan diupload. kalao perlu isikan deskripsi/keterangannya. Langkah berikutnya klik Upload yg ada di bagian kanan bawah deskripsi.
    Pastikan anda menjumpai submenu berikutnya, biasanya masuk ke sub menu cari di bagian upload tadi (ini saya contohkan upload file *.doc). Nah coba tempatkan pointer mouse di atas nama file yg di-upload tadi, klik kanan dan copy linknya. Itulah letak file upload-an tadi. Selanjutnya untuk mengaksesnya bisa dibuatkan link di bagian postingan atau di halaman lain atau di text widgets. Terus anda masih diberi tawaran radio button untuk memilih model link file/page/none dan bisa diedit lagi file tersebut.
    Untuk cara upload file gambar bisa dilihat di sini, di faq-nya WP.com

  10. Bila diperlukan kita bisa back-up blog kita, ini untuk antisipasi kalo suatu saat ada masalah dengan wordpress.com. Caranya pakai aja software websitecopier salah satunya seperti WinHTTrack~Graties. Kalau belum punya WinHTTrack bisa download dari sini, untuk under linux downloadnya di sini. Cara pakainya simple aja kok, baca aja di help-nya. :)

  11. Ditambahin dong… saya cuma tahu itu, masukin di commnet ntar ku edit untuk di kumpulin dipostingan ini. Trus kalo ada yg salah atau kurang …diperbaikin yah gimana benernya. Sumber :http://urip.wordpress.com


No comments:

Post a Comment