Friday, June 11, 2010

Mobil Terbang


Departemen Pertahanan Amerika Serikat telah menyetujui proyek pembuatan kendaraan atau mobil terbang militer. Untuk proyek pembuatan mobil terbang ini, Departemen Pertahanan AS menyiapkan dana 54 juta dolar Amerika (sekitar Rp 486 miliar) untuk tiga tahap pekerjaan.

Defense Advanced Projects Agency (DARPA) telah ditunjuk sebagai pihak yang akan mengerjakan pembuatan prototipe mobil terbang yang dijuluki the Transformer (TX).

Jika semua uji coba berjalan lancar, para prajurit Angkatan Bersenjata Amerika akan bisa menggunakan kendaraan atau mobil terbang militer di medan pertempuran pada tahun 2015.

Mobil terbang militer ini dirancang untuk 4 penumpang dan akan bisa menjelajah di darat dan di udara sejauh 250 mil dalam kondisi tanki bbm terisi penuh. Mobil ini juga dirancang untuk bisa terbang tanpa menggunakan landasan sama seperti helikopter.

Menurut DARPA seperti dikutip Livescience.com, Transformer dirancang sebagai kendaraan militer yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan seperti penyerangan, penggerebegan, pencegatan, intervensi, evakuasi medis dan suplai logistik.

DARPA berharap akan menyelesaikan proposal prototipe proyek prestisius ini pada 27 Mei nanti. Juru bicara DARPA kepada TechNewsDaily mengatakan butuh waktu 4 tahun untuk mengembangkan prototipe itu. (helium.com/MLA)
Sumber : Liputan6.com, AS

No comments:

Post a Comment