Wednesday, August 25, 2010

PEMILU ULANG GRESIK : SAMBARI QOSIM UNGGUL

Putusan MK Membuat Pasangan Sambari-Qosim Unggul

Gresik - Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait pencblosan ulang di sembilan kecamatan di Kabupaten Gresik untuk sementara ini membuat pasangan calon bupati dan wakil bupati, Sambari Halim Radianto-M Qosim (SQ), unggul dalam perolehan suara.

"Sejak MK memutuskan pencbolosan ulang di sembilan kecamatan, pasangan Sambari-Qosim unggul sementara," kata Ahmad Nurhamim selaku Ketua Tim Pemenangan SQ di Gresik, Jumat.

Kemenangan itu dilatarbelakangi oleh pembatalan kemenangan pasangan Husnul Khuluq-Musyaffa' Noer (Humas) di delapan kecamatan.

Kondisi ini terbalik dengan situasi sebelum putusan MK dikeluarkan, Kamis (24/6). Bahkan, hal itu menambah kepercayaan diri tim pemenangan pasangan SQ.

"Kami hanya membutuhkan suara tambahan dari delapan kecamatan karena di sembilan kecamatan yang lain kami sudah unggul," kata Nurhamim.

Sementara itu, dari sembilan kecamatan yang diperintahkan pencoblosan ulang salah satunya Kecamatan Kebomas yang sebelumnya dimenangi pasangan SQ.

Situasi berbeda terlihat di kubu pasangan Humas. Tim sukses pasangan Humas tampak terpukul dengan putusan MK tersebut karena kemenangan yang sudah berada di genggamannya itu terancam musnah.

"Saya benar-benar tidak pernah membayangkan keputusan MK ini karena sebenarnya kesalahan bukan pada kami, tetapi KPU yang tidak siap menyelenggarakan pilkada," kata Zulfan Hasyim selaku koordinator Tim Sukses Humas.

Ia berharap rekan-rekan timnya tetap semangat untuk bertarung kembali dan memenangi Pilkada Gresik 2010. "Harus menang, tidak ada kata lain. Kami tetap menghormati keputusan hukum yang dikeluarkan lembaga yang mempunyai kewenangan," katanya.

Hasil rekapitulasi suara Pilkada Kabupaten Gresik pada 23 Mei lalu oleh KPU Gresik, mendudukkan Humas sebagai pemenang setelah menguasai perolehan suara di 11 kecamatan.

Sayangnya, dari 11 kecamatan itu, sembilan di antaranya harus digelar coblosan ulang. Dari sembilan kecamatan itu, delapan di antaranya dimenangi Humas, Wringianom dengan perolehan syara sebanyak 17.866 suara, sedangkan SQ hanya 6.969 suara, Driyorejo (Humas: 18.713 dan SQ: 11.157), Kedamean (Humas: 9.210 dan SQ 5.450), Menganti (Humas: 20.404 dan SQ: 17.705), Benjeng (Humas: 16.897 dan SQ: 8.507), Balongpanggang (Humas: 15.531 dan SQ: 8.966), Duduksampeyan (Humas: 13.163 dan SQ: 10.913), dan Bungah (Humas: 16.211 dan SQ: 14.787).

Saat ini Humas hanya unggul di Kecamatan, Cerme dan dua kecamatan di Pulau Bawean, yakni Tambak dan Sangkapura.

Sementara pasangan SQ sekarang telah unggul di enam kecamatan, yakni Dukun, Panceng, Sidayu, Ujungpangkah, Manyar, dan Gresik.*

No comments:

Post a Comment